Anggota Kelompok :

 

Abdul Aziz Izudin     (1)

Dimas Aulia Tanaya(8)

Rendy Reynaldy    (25)

Supriyanto        (30)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1. rencana praktek.

a. Mengambil data enkapsulasi dari kegiatan browsing pada website www.lockerz.com

 

2. Kebutuhan Praktek :

a. alat dan bahan :

  • Se perangkat PC yang terkoneksi ke Internet
  • Aplikasi wireshark
  • Aplikasi Browser
  • Aplikasi Microsoft office
  • Alat tulis

 

3. langkah praktek:

  • Nyalakan PC lalu buka aplikasi wireshark dengan cara buka start> all program > wireshark

 

 

 

 

 

 

 

  • Setelah itu tampil seperti gambar di bawah

 

 

 

 

 

  • Klik capture pada toolbar

    

 

 

  • Pilih interface yang akan di gunakan, lalu klik start

 

 

 

 

  • Lalu buka browser dan masukan alamat yang akan di tuju.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kemudian tunggu hingga “Done”

 

Kembali ke jendela WireShark dan klik “Stop Capture” dan pilih salah satu list yang berprotokol http

 

 

 

 

 

Lalu amati PDU yang terdapat pada list tersebut.

 

 

Hasil percobaan

 

Dari percobaan diatas dapat di simpulkan bahwa port number dari protocol HTTP adalah “80”. Protocol framenya “eth:ip:tcp:http”dan coloring rule name nya adalah “http”, dan internet protokolnya mengunakan versi “4”. Selain versi 4 ada juga Alamat IP versi 6 (sering disebut sebagai alamat IPv6) adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 6. Panjang totalnya adalah 128-bit, dan secara teoritis dapat mengalamati hingga 2128=3,4 x 1038 host komputer di seluruh dunia.

 

Berikut hasil percobaannya :

 

 

 

Hasil analisa praktikum:

Analisa Pertama

Dari Praktek yang dilakukan diketahui :

Frame


  1. pada frame terdapat waktu masuk dan keluar data, jumlah frame, nomor frame, dan protocol yang sedang aktif yaitu HTTP. Yaitu “Coloring Rule Name” nya adalah HTTP

 

Kapasitas 1023 bytes, berisi:

Frame time dari frame sebelumnya 0.000631000 seconds

Frame time dari frame pertama 3.785245000 seconds

Protocol in frame eth     : ip : tcp : http

Coloring Rule Name     : HTTP

Tcp port         : 80

 

Perbandingan dan Penjelasan Mengenai HTTP

    HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah protokol yang dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). Protokol ini adalah protokol ringan, tidak berstatus dan generik yang dapat dipergunakan berbagai macam tipe dokumen.

    FTP (File Transfer Protocol) adalah sebuah protokol Internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pentransferan berkas (file) komputer antar mesin-mesin dalam sebuah internetwork. FTP merupakan salah satu protokol Internet yang paling awal dikembangkan, dan masih digunakan hingga saat ini untuk melakukan pengunduhan (download) dan penggugahan (upload) berkas-berkas komputer antara klien FTP dan server FTP. Pada umumnya browser-browser versi terbaru sudah mendukung FTP.

    Mailto, Protokol mailto digunakan untuk mengirim email melalu jaringan internet. Bentuk format pada protocol ini adalah :mailto:nama_email@namahost contoh : mailto:rendyreynaldy@yahoo.com

Gopher adalah sebuah sistem penerimaan dan penelurusan informasi berbasis menu-style. Dikembangkan di University of Minnesota sebagai sebuah sistem informasi untuk kampus yang besar. Gopher diberi nama demikian setelah seorang maskot universitas mendapatkan ide Gopher yang berarti “go-for” information. Pada saat jumlah content meningkat, dibutuhkanlah sebuah kemampuan navigasi yang berupa sistem menu. Fasilitas pencarian (searching) untuk Gopher adalah Veronica yang dikembangkan sama seperti Archie pada FTP. Jughead, merupakan sebuah service pencarian lokal untuk Gopher dikembangkan untuk memfasilitasi pencarian pada jaringan-jaringan lokal.

TCP/IP (Transmission Transfer Protocol) adalah salah satu jenis protokol yang memungkinkan kumpulan komputer untuk berkomunikasi dan bertukar data didalam suatu network. Hampir semua perangkat keras dan sistem operasi menggunakan TCP/IP.

Pengalamatan pada Ethernet II menggunakan MAC Adress.
Dari Praktikum di atas dapat diketahui :

Analisa Kedua

Ethernet

 


 

  1. MAC address komputer adalah

    AsustekC_02 : fd : a9 (00:1f:c6:03:fd:a9)    

    Komputer server AztechEl_97:29:50 (00:30:0a:97:29:50)

 

Mac address dibuat oleh pembuat kartu jaringan. 24 bit pertama dari MAC address merepresentasikan siapa pembuat kartu tersebut, dan 24 bit sisanya merepresentasikan nomor kartu tersebut. Setiap kelompok 24 bit tersebut dapat direpresentasikan dengan menggunakan enam digit bilangan heksadesimal, sehingga menjadikan total 12 digit bilangan heksadesimal yang merepresentasikan keseluruhan MAC address. Berikut merupakan tabel beberapa pembuat kartu jaringan populer dan nomor identifikasi dalam MAC Address.

Nama-nama vendor Alamat MAC:
a.Cisco Systems
00 00 0C
b.Cabletron Systems
00 00 1D
c.International Business Machine Corporation
00 04 AC
d.3Com Corporation
00 20 AF
e.GVC Corporation
00 C0 A8
f.Apple Computer
08 00 07
g.Hewlett-Packard Company
08 00 09

h.Asustek COMPUTER INC

000C6E

 

Analisa Ketiga

TCP(Transmission Control Protocol)


  1. dalam transmission control menggunakan port 80 untuk server dan 3539 untuk host. artinya adalah :

Port yang diguakan komputer = 3539.

Port server = 80

 

 

Perbandingan dan Penjelasan Port

 

• Port 80, Web Server
Port ini biasanya digunakan untuk web server, jadi ketika user mengetikan alamat IP atau hostname di web broeser maka web browser akan melihat IP tsb pada port 80,

• Port 81, Web Server Alternatif
ketika port 80 diblok maka port 81 akan digunakan sebagai port altenatif hosting website

• Port 21, FTP Server
Ketika seseorang mengakses FTP server, maka ftp client secara default akan melakukan koneksi melalui port 21 dengan ftp server

• Port 22, SSH Secure Shell
Port ini digunakan untuk port SSH

• Port 23, Telnet
Jika anda menjalankan server telnet maka port ini digunakan client telnet untuk hubungan dengan server telnet

• Port 25, SMTP(Simple Mail Transport Protokol)
Ketika seseorang mengirim email ke server SMTP anda, maka port yg digunakan adalah port 25

• Port 2525 SMTP Alternate Server
Port 2525 adalah port alternatifi aktif dari TZO untuk menservice forwarding email. Port ini bukan standard port, namun dapat diguunakan apabila port smtp terkena blok.

• Port 110, POP Server
Jika anda menggunakan Mail server, user jika log ke dalam mesin tersebut via POP3 (Post Office Protokol) atau IMAP4 (Internet Message Access Protocol) untuk menerima emailnya, POP3 merupakan protokol untuk mengakses mail box

• Port 119, News (NNTP) Server

• Port 3389, Remote Desktop
Port ini adalah untuk remote desktop di WinXP

• Port 389, LDAP Server
LDAP Directory Access Protocol menjadi populer untuk mengakses Direktori, atau Nama, Telepon, Alamat direktori. Contoh untuk LDAP: / / LDAP.Bigfoot.Com adalaha LDAP directory server.

• Port 143, IMAP4 Server
IMAP4 atau Pesan Akses Internet Protocol semakin populer dan digunakan untuk mengambil Internet Mail dari server jauh.Disk lebih intensif, karena semua pesan yang disimpan di server, namun memungkinkan untuk mudah online, offline dan diputuskan digunakan.

• Port 443, Secure Sockets Layer (SSL) Server
Ketika Anda menjalankan server yang aman, SSL Klien ingin melakukan koneksi ke server Anda Aman akan menyambung pada port

• 443. This port needs to be open to run your own Secure Transaction server.
Port 445, SMB over IP, File Sharing
Kelemahan windows yg membuka port ini. biasanya port ini digunakan sebagai port file sharing termasuk printer sharing, port inin mudah dimasukin virus atau worm dan sebangsanya

• Ports 1503 and 1720 Microsoft NetMeeting and VOIP
MS NetMeeting dan VOIP memungkinkan Anda untuk meng-host Internet panggilan video atau lainnya dengan.

• Port 5631, PCAnywhere

• Port 5900, Virtual Network Computing (VNC)

Bila Anda menjalankan VNC server remote kontrol ke PC Anda, menggunakan port 5900. VNC berguna jika anda ingin mengontrol remote server.

• Port 111, Portmap

• Port 3306, Mysql

• Port 981/TCP

 

Analisa Keempat

IP (internet protocol)

 


 

 

Dari Praktek yang dilakukan dapat diketahui

Internet Protokol    : Internet protokol : IPv4

Ukuran Header     : 20 Bytes

 

Perbandingan dan Penjelasan Mengenai IP (Internet Protocol)

 

Selain Ipv4 ada juga IP versi 6.

Alamat IP versi 6 (sering disebut sebagai alamat IPv6) adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 6. Panjang totalnya adalah 128-bit, dan secara teoritis dapat mengalamati hingga 2128=3,4 x 1038 host komputer di seluruh dunia. Contoh alamat IP versi 6 adalah 21DA:00D3:0000:2F3B:02AA:00FF:FE28:9C5A.

Pada tanggal 25 Juli di Toronto pada saat pertemuan IETF telah direkomendasikan penggunaan IPv6 atau ada yang menyebutnya dengan IPng (IP next generation) yang dilatarbelakangi oleh keterbatasan IPv4 yang saat ini memiliki panjang 32 bit, akibat ledakan pertumbuhan jaringan.

Pengembangan IPv6, atau ada yang menyebutkan dengan nama IP Next Generation yang direkomendasikan pada pertemuan IETF di Toronto tanggal 25 Juli 1994 dilatarbelakangi oleh kekurangan IP address yang saat ini memiliki panjang 32 bit, akibat ledakan pertumbuhan jaringan. IPv6 merupakan versi baru dari IP yang merupakan pengembangan dari IPv4. Keunggulan IPv6 :

Otomatisasi berbagai setting / Stateless-less auto-configuration (plug&play) Address pada IPv4 pada dasarnya statis terhadap host. Biasanya diberikan secara berurut pada host. Memang saat ini hal di atas bisa dilakukan secara otomatis dengan menggunakan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol), tetapi hal tersebut pada IPv4 merupakan fungsi tambahan saja, sebaliknya pada IPv6 fungsi untuk mensetting secara otomatis disediakan secara standar dan merupakan defaultnya. Pada setting otomatis ini terdapat 2 cara tergantung dari penggunaan address, yaitu setting otomatis stateless dan statefull. Setting otomatis stateless, pada cara ini tidak perlu menyediakan server untuk pengelolaan dan pembagian IP address, hanya mensetting router saja dimana host yang telah tersambung di jaringan dari router yang ada pada jaringan tersebut memperoleh prefix dari address dari jaringan tersebut. Kemudian host menambah pattern bit yang diperoleh dari informasi yang unik terhadap host, lalu membuat IP address sepanjang 128 bit dan menjadikannya sebagai IP address dari host tersebut. Pada informasi unik bagi host ini, digunakan antara lain address MAC dari jaringan interface. Pada setting otomatis stateless ini dibalik kemudahan pengelolaan, pada Ethernet atau FDDI karena perlu memberikan paling sedikit 48 bit (sebesar address MAC) terhadap satu jaringan, memiliki kelemahan yaitu efisiensi penggunaan address yang buruk.

 

IP versi 4

 

Alamat IP versi 4 (sering disebut dengan Alamat IPv4) adalah sebuah jenis pengalamatan jaringan yang digunakan di dalam protokol jaringan TCP/IP yang menggunakan protokol IP versi 4. Panjang totalnya adalah 32-bit, dan secara teoritis dapat mengalamati hingga 4 miliar host komputer atau lebih tepatnya 4.294.967.296 host di seluruh dunia, jumlah host tersebut didapatkan dari 256 (didapatkan dari 8 bit) dipangkat 4(karena terdapat 4 oktet) sehingga nilai maksimal dari alamt IP versi 4 tersebut adalah 255.255.255.255 dimana nilai dihitung dari nol sehingga nilai nilai host yang dapat ditampung adalah 256x256x256x256=4.294.967.296 host. sehingga bila host yang ada diseluruh dunia melebihi kuota tersebut maka dibuatlah IP versi 6 atau IPv6.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Analisa Kelima

Hypertext Transfer Protocol

Dari gambar di atas dapat disimpulkan :

User-Agent (Browser yang digunakan)    : Mozilla Firefox versi 5

Host                        : http://www.lockerz.com

 

 

 

 

 

Kesimpulan
Pada saat kita membuka sebuah website, ternyata terjadi banyak proses yang disebut dengan enkapsulasi. Dan pada proses pembukaan web terjadi proses permintaan dan pemberian. Jadi saat kita membuka website termasuk jenis komunikasi Half Duplex. Dalam 1 website saja bisa ada proses enkapsulasi yang sangat panjang, bisa sampai ribuan. Oleh karena itu dalam praktikum ini kami ditugaskan oleh guru mata pelajarn Diagnosa LAN untuk memahami proses enkapsulasi tersebut.

Diatas adalah hasil prakteknya, bilamana anda ingin mendownload filenya dengan ekstensi docx, bisa anda dapatkan di link dibawah ini

http://www.4shared.com/get/YlfXm809/Praktik_Enkapsulasi.html