Conduit

Conduit adalah sistem perpipaan listrik yang digunakan untuk perlindungan dan routing kabel listrik . Conduit dapat terbuat dari logam,plastik , serat , atau dipecat tanah liat . Conduit Fleksibel tersedia untuk tujuan khusus.

Conduit umumnya dipasang di lokasi pemasangan peralatan listrik. Penggunaannya, bentuk, dan rincian instalasi sering ditentukan oleh peraturan kelistrikan, seperti Amerika Serikat NEC atau kode nasional atau lokal lainnya.

Instalasi penerangan listrik awal memanfaatkan pipa gas yang ada untuk peralatan gas cahaya (dikonversi ke lampu listrik). Karena teknik ini memberikan perlindungan yang sangat baik untuk jaringan kabel interior, itu diperluas ke semua jenis kabel interior dan oleh kopling awal abad ke-20 tujuan-dibangun dan fitting yang diproduksi untuk penggunaan listrik.

Perbandingan dengan metode kabel lainnya

Conduit memberikan perlindungan yang sangat baik untuk konduktor, tertutup dari dampak, air, dan uap kimia. nomor Variasi, ukuran, dan jenis konduktor dapat ditarik ke dalam saluran, yang menyederhanakan rancangan dan konstruksi dibandingkan dengan menjalankan beberapa kabel atau kabel komposit biaya disesuaikan. Sistem Pengkabelan di bangunan tunduk pada perubahan sering. perubahan kabel sering dibuat lebih sederhana dan lebih aman melalui penggunaan saluran listrik, sebagai konduktor yang ada dapat ditarik dan konduktor baru diinstal, dengan sedikit gangguan di sepanjang jalan saluran tersebut. Sebuah sistem saluran dapat dibuat tahan air atau di bawah air.Logam saluran dapat digunakan untuk melindungi sirkuit sensitif dari interferensi elektromagnetik, dan juga dapat mencegah emisi gangguan tersebut dari kabel listrik tertutup.

Bila dipasang dengan kelengkapan penyegel yang tepat, saluran tidak akan mengizinkan aliran gas yang mudah terbakar dan uap, yang memberikan perlindungan dari bahaya kebakaran dan ledakan di daerah penanganan zat volatil.

Beberapa jenis saluran yang disetujui untuk bungkus langsung pada beton. Hal ini umumnya digunakan di gedung-gedung komersial untuk memungkinkan outlet listrik dan komunikasi yang harus diinstal di tengah daerah terbuka besar. Misalnya, kasus menampilkan ritel dan daerah terbuka-kantor menggunakan lantai-mount kotak saluran dapat terhubung kabel listrik dan komunikasi.

Kedua saluran logam dan plastik dapat menjadi bengkok di tempat kerja untuk memungkinkan instalasi rapi tanpa berlebihan jumlah fitting diproduksi. Hal ini sangat menguntungkan ketika profil berikut bangunan tidak teratur atau melengkung.

Biaya instalasi saluran pipa lebih tinggi daripada metode pengkabelan lain karena biaya bahan baku dan tenaga kerja. Dalam aplikasi seperti pembangunan perumahan, tingkat perlindungan yang tinggi kerusakan fisik tidak diperlukan sehingga biaya saluran tidak dibenarkan. Konduktor dipasang di dalam saluran tidak dapat mengusir panas yang mudah seperti yang dipasang dalam jaringan kabel terbuka, sehingga kapasitas yang ada setiap konduktor harus dikurangi jika banyak dipasang dalam satu saluran. Hal ini tidak praktis, dan dilarang oleh peraturan kabel, untuk memiliki lebih dari 360 derajat lengkungan total lari dari saluran, fitting outlet sehingga khusus harus disediakan untuk memungkinkan konduktor akan dipasang tanpa kerusakan di berjalan tersebut. Sementara saluran logam dapat digunakan sebagai konduktor grounding , panjang sirkuit terbatas. Sebuah jangka panjang dari saluran sebagai konduktor grounding tidak akan mengizinkan operasi yang tepat dari alat arus lebih pada kesalahan, misalnya.

Jenis-jenis saluran

sistem konduit diklasifikasikan oleh tebal dinding, kekakuan mekanik, dan bahan digunakan untuk membuat pipa.

Kaku Conduit Metal (RMC)

Kaku Conduit Metal (RMC) adalah tabung berulir tebal, biasanya terbuat dari baja lapis, stainless steel atau aluminium.

Kaku non-logam konduit (RNC)

Kaku non-logam Conduit (RNC) adalah tabung unthreaded non-logam.

Saluran kaku Galvanized (GRC)

saluran kaku Galvanized (GRC) adalah tabung baja galvanis, dengan dinding tabung yang cukup tebal untuk memungkinkan hal itu terjadi threaded. aplikasi umum nya adalah di dalam dan di industri konstruksi komersial.

Tabung logam listrik (EMT)

tabung logam listrik (EMT), terkadang disebut tipis-dinding, biasanya digunakan sebagai pengganti saluran kaku galvanis (GRC), karena lebih murah dan lebih ringan dari GRC. EMT sendiri mungkin tidak berulir, tetapi dapat digunakan dengan alat kelengkapan berulir yang penjepit untuk itu. Panjang saluran yang terhubung ke satu sama lain dan untuk peralatan dengan fiting penjepit tipe. Seperti GRC, EMT adalah lebih umum pada bangunan komersial dan industri dari dalam aplikasi perumahan. EMT umumnya terbuat dari baja lapis, meskipun mungkin aluminium.

Listrik non-logam Tubing (THT)

Listrik non-logam Tubing (THT) adalah bergelombang tabung berdinding tipis yang tahan air dan tahan api. Hal ini lentur sedemikian rupa sehingga dapat menjadi bengkok dengan tangan dan sering fleksibel meskipun perlengkapan tidak. Hal ini tidak berulir karena bentuknya bergelombang-nya walaupun mungkin fitting.

Fleksibel konduit metalik (FMC)

Fleksibel metalik Conduit (FMC) dibuat melalui sebuah strip melingkar bergaris diri saling bertautan dari aluminium atau baja, membentuk tabung hampa di mana kabel dapat ditarik. FMC digunakan terutama di daerah kering di mana ia akan tidak praktis untuk menginstal saluran non-fleksibel EMT atau lainnya, namun di mana kekuatan logam untuk melindungi konduktor masih diperlukan. Pipa fleksibel tidak memelihara apapun tetap menekuk.

Cutting FMC memerlukan alat tangan khusus dengan abrasive rotary disk untuk membuat sayatan kecil ke ejekan sehingga gerakan memutar memisahkan segmen. Disk pemotongan cukup dalam untuk memotong kumparan baju besi namun tidak begitu dalam itu bisa merusak konduktor di dalamnya.

Segmen pendek dari FMC disebut cambuk yang sering digunakan sebagai sirkuit “kuncir” antara perlengkapan dan kotak persimpangan , terutama di plafon gantung . Rakitan Whip menyimpan banyak tenaga kerja berulang ketika instalasi memerlukan beberapa kuncir beberapa perlengkapan.

Saluran fleksibel logam dilapisi dengan polimer tahan UV adalah cairan-ketat ketika diinstal dengan tepat kelenjar alat kelengkapan mengandung-ketat fitur cair seperti O-rings .

Peraturan Wiring bervariasi, di locales mengikuti AS National Electric Code (NEC), saluran metalik fleksibel dapat berfungsi sebagai konduktor grounding-peralatan. Daerah lain mungkin memerlukan ikatan kawat untuk grounding peralatan. Kabel bonding di kontak langsung dengan interior saluran menciptakan resistensi yang lebih rendah landasan konduktor dari saluran saja.

Liquidtight Fleksibel Conduit Metal (LFMC)

Liquidtight Fleksibel Conduit Metal (LFMC) adalah saluran fleksibel logam tertutup oleh lapisan plastik tahan air. Interior mirip dengan FMC.

Metalik Tabung Fleksibel (FMT)

Tabung Fleksibel metalik (FMT) adalah tidak sama dengan Fleksibel konduit metalik (FMC) alias “greenfield” atau “flex” yang Kode Listrik Nasional (NEC) Seni 348. FMT adalah raceway, tetapi tidak kanal dan merupakan NEC terpisah Pasal – 360. Ia hanya datang dalam 1 / 2 “& 3 / 4″ ukuran perdagangan sedangkan FMC ini berukuran 1 / 2 “~ 4″ ukuran perdagangan. NEC 360,2 menggambarkannya sebagai: “Sebuah raceway yang melingkar di penampang, fleksibel, metalik dan liquidtight tanpa jaket non-logam.”

Liquidtight Fleksibel non-logam konduit (LFNC)

Liquidtight Fleksibel non-logam konduit (LNFC) merujuk pada beberapa jenis tabung non-logam tahan api. Interior permukaan bisa halus atau bergelombang. Mungkin ada tulangan yang tidak terpisahkan dalam dinding saluran. Hal ini juga dikenal sebagai FNMC.

aluran Aluminium

Aluminium, mirip dengan saluran baja galvanis, adalah saluran kaku, umumnya digunakan dalam aplikasi komersial dan industri, dimana ketahanan yang lebih tinggi untuk korosi diperlukan.lokasi tersebut akan termasuk pengolahan makanan tanaman, dimana sejumlah besar air dan bahan kimia pembersih akan membuat saluran galvanis cocok. Aluminium tidak dapat langsung tertanam dalam beton , karena logam bereaksi dengan alkali dalam semen . saluran mungkin dilapisi untuk mencegah korosi melalui kontak yang terkait dengan beton. Biaya tambahan aluminium agak diimbangi oleh biaya tenaga kerja lebih rendah untuk menginstal, karena panjang saluran aluminium akan memiliki sekitar sepertiga berat dari saluran baja berukuran sama-kaku.

Saluran logam Intermediate (IMC)

Intermediate Metal Conduit (IMC) adalah tabung baja lebih berat daripada EMT tetapi lebih ringan dari RMC. Ini mungkin threaded.

Saluran PVC

PVC saluran adalah ringan di berat dibandingkan dengan bahan saluran lain, dan biasanya lebih rendah biaya daripada bentuk-bentuk saluran. Dalam prakteknya Amerika Utara listrik, tersedia dalam tiga ketebalan dinding yang berbeda, dengan berbagai tipis-dinding hanya sesuai untuk digunakan tertanam dalam beton, dan nilai lebih berat cocok untuk penguburan langsung dan bekerja terkena.Berbagai fitting dibuat untuk saluran logam juga dibuat untuk PVC. Bahan plastik tahan air dan zat-zat korosif banyak, tetapi karena pipa adalah non-konduktif sebuah ikatan tambahan (grounding) konduktor harus ditarik ke dalam setiap saluran. PVC saluran mungkin air panas dan membungkuk di lapangan. Sendi untuk perlengkapan dibuat dengan slip-on koneksi pelarut dilas, yang mengatur dengan cepat setelah perakitan dan mencapai kekuatan penuh dalam waktu sekitar satu hari. Karena bagian slip-fit tidak perlu diputar selama perakitan, fitting persatuan khusus yang digunakan dengan saluran pipa berulir (Ericson) tidak diperlukan. Sejak saluran PVC memiliki tinggi koefisien ekspansi termal dari jenis lain, harus dipasang sehingga memungkinkan untuk ekspansi dan kontraksi berjalan masing-masing. Perawatan harus dilakukan ketika menginstal PVC bawah tanah dalam konfigurasi menjalankan beberapa atau paralel karena efek pemanasan saling kabel

Conduits logam lainnya

Dalam lingkungan korosi ekstrim di mana lapisan plastik pipa tidak mencukupi, saluran dapat dibuat dari stainless steel , perunggu atau kuningan .

Saluran Underground

Diameter besar (lebih dari 2 inch/50 mm) saluran dapat diinstal bawah tanah di antara bangunan untuk memungkinkan pemasangan kabel listrik dan komunikasi. Sebuah perakitan saluran ini, sering disebut bank saluran, baik dapat langsung dimakamkan di bumi atau terbungkus dalam beton. Sebuah bank saluran akan memungkinkan penggantian kabel yang rusak antara bangunan atau kekuasaan tambahan dan sirkuit komunikasi yang akan ditambahkan, tanpa biaya penggalian parit. Sedangkan saluran logam ini kadang-kadang digunakan untuk dimakamkan, biasanya PVC, polietilena atau polystyrene plastik sekarang digunakan karena biaya lebih rendah. Dahulu, dikompresi asbes serat dicampur dengan semen yang digunakan untuk beberapa instalasi bawah tanah. Telepon dan komunikasi sirkuit dipasang dalam saluran menembakkan-tanah liat.

Perbandingan beberapa jenis saluran

Sehubungan dengan saluran baja galvanis kaku, 3 / 4 inci (21 metrik) ukuran

Relatif

RGS

Aluminium

IMC

EMT

PVC

Tenaga kerja

1.0

0.89

0.89

0.62

0.55

Berat

1.0

0.34

0.76

0.42

0.20

Biaya bahan

1.0

0.99

0.84

0.35

0.43

Exact rasio tenaga kerja instalasi, berat badan dan biaya bahan bervariasi tergantung pada ukuran saluran, tetapi nilai untuk 3 / 4 inci (21 metrik) ukuran usaha adalah perwakilan. [2]

Alat kelengkapan

Meskipun kesamaan dengan pipa yang digunakan dalam pipa , tujuan-dirancang fitting yang digunakan untuk menghubungkan saluran.

Kotak konektor bergabung saluran ke kotak persimpangan atau kotak listrik lainnya. Sebuah konektor kotak khas dimasukkan ke dalam KO di kotak persimpangan, dengan ujung berulir kemudian dijamin dengan sebuah cincin (disebut mur pengunci) dari dalam kotak, sebagai baut akan dijamin dengan kacang. Ujung lain dari pas biasanya memiliki sekrup kompresi cincin atau yang memperketat turun ke saluran dimasukkan. Alat kelengkapan untuk saluran non-threaded baik dijamin dengan sekrup mengatur atau dengan kacang kompresi yang mengelilingi saluran tersebut. Alat kelengkapan untuk tujuan penggunaan umum dengan saluran logam dapat dibuat dari seng die-cast, tetapi di mana alat kelengkapan kuat dibutuhkan, mereka terbuat dari aluminium tembaga-bebas atau besi cor.

Couplings menghubungkan dua potong saluran bersama.

Kadang-kadang perlengkapan dianggap cukup konduktif untuk obligasi (elektrik bersatu) saluran logam ke kotak persimpangan logam (sehingga berbagi Teman-tanah sambungan kotak), di saat lain,ring landasan digunakan yang jumper ikatan dari bushing ke sekrup landasan di kotak. [3]

Tidak seperti pipa air, jika saluran tersebut harus kedap air, gagasan itu adalah untuk menjaga air keluar, tidak masuk Dalam kasus ini, alat kelengkapan telah gasket , seperti Weatherhead terkemuka dari overhead listrik
listrik ke meteran listrik .

saluran logam fleksibel biasanya menggunakan alat kelengkapan dengan penjepit di luar kotak, seperti kabel telanjang akan.

Badan Conduit

Tubuh saluran digunakan untuk menyediakan akses ke kabel yang ditempatkan dalam saluran. Ini berbeda dari kotak persimpangan , yang keduanya memungkinkan akses untuk menarik kabel dan ruang untuk splices . Conduit badan yang sering disebut sebagai “condulets”, sebuah istilah merek dagang oleh perusahaan Crouse-Hinds Cooper, sebuah divisi dari Cooper Industries .

badan Conduit datang dalam berbagai jenis, peringkat kelembaban, dan bahan-bahan, termasuk baja galvanis, aluminium, dan PVC. Tergantung pada materi, mereka menggunakan metode mekanis yang berbeda untuk mengamankan saluran. Di antara jenis adalah:

  • tubuh berbentuk L (“Ells”) termasuk LB, LL, dan LR, dimana inlet ini sejalan dengan penutup akses dan outlet berada di bagian belakang, kiri dan kanan, masing-masing. Selain menyediakan akses ke kabel untuk menarik, “L” alat kelengkapan memungkinkan berbelok 90 derajat dalam saluran di mana ada ruang cukup untuk menyapu 90 derajat penuh radius (bagian saluran melengkung).
  • T-berbentuk badan (“Tees”) fitur sebuah inlet sejalan dengan penutup akses dan outlet baik kiri dan kanan cover.
  • berbentuk badan C (“Cees”) memiliki bukaan identik atas dan di bawah penutup akses, dan digunakan untuk menarik konduktor dalam berjalan lurus karena mereka tidak membuat berpaling antara inlet dan outlet.
  • Layanan “Ells” (SLBs), lebih pendek dengan lubang siram dengan penutup akses, yang sering digunakan di mana sirkuit melewati dinding eksterior dari luar ke dalam.

Wireways Lain

Permukaan Mounted Raceway (cetakan kawat)

Jenis saluran “dekoratif” dirancang untuk memberikan jalan estetis dapat diterima untuk jaringan kabel tanpa menyembunyikannya di dalam atau di balik dinding. Ini digunakan tempat kabel tambahan diperlukan, tetapi di mana melalui dinding akan sulit atau memerlukan renovasi . saluran ini memiliki wajah terbuka dengan penutup dilepas, dijamin ke permukaan, dan kawat ditempatkan di dalam.plastik raceway sering digunakan untuk telekomunikasi pengkabelan, seperti jaringan kabel dalam sebuah struktur yang lebih tua, dimana tidak praktis untuk mengebor melalui blok beton .

Keuntungan

  • Hal ini memungkinkan seseorang untuk menambahkan kabel baru ke yang ada bangunan tanpa menghilangkan atau memotong lubang ke drywall atau reng dan plester .
  • Hal ini memungkinkan sirkuit untuk locatable mudah dan dapat diakses untuk perubahan masa depan sehingga memungkinkan upgrade usaha minimal.

Kekurangan

  • Penampilannya mungkin tidak diterima oleh semua pengamat.

Trunking

Istilah ini trunking digunakan di Inggris untuk wireways listrik, umumnya persegi panjang di cross section dengan tutup dilepas.

Mini Trunking adalah istilah yang digunakan di Inggris untuk bentuk-faktor kecil (biasanya 6mm untuk 25mm persegi atau persegi panjang belah) PVC cara kawat. [4]

Dalam Utara “melalui kawat” American praktek atau “lay-dalam wireways” adalah istilah yang digunakan untuk menunjuk produk serupa, tetapi ini tidak pernah digunakan tertutup di tembok atau dinding.

Proteksi kebakaran Pasif

Saluran adalah relevansi untuk kedua firestopping , di mana mereka menjadi penetrants , dan fireproofing , di mana integritas rangkaian tindakan dapat diterapkan di luar untuk menjaga kabel internal operasional selama disengaja api . Standar ini BS476 Inggris juga mempertimbangkan kebakaran internal, dimana fireproofing harus melindungi lingkungan dari kebakaran kabel. Setiap perawatan eksternal harus mempertimbangkan efek terhadap derating ampacity.

Cable Tray

Dalam sistem kabel listrik bangunan, sistem cable tray digunakan untuk mendukung berisolasi kabel listrik yang digunakan untuk distribusi listrik dan komunikasi. Cable tray digunakan sebagai alternatif untuk membuka sistem kabel atau saluran listrik. Kabel tray biasanya digunakan untuk manajemen kabel dalam konstruksi komersial dan industri. Cable tray sangat berguna dimana perubahan ke sistem kabel diantisipasi, karena kabel baru dapat diinstal dengan meletakkan mereka dalam baki, bukan menarik mereka melalui pipa.

Wiring Closet

Wiring closet adalah sebuah kamar kecil umum ditemukan pada bangunan institusional, seperti sekolah dan kantor, di mana sambungan listrik dilakukan. Sementara mereka digunakan untuk berbagai tujuan, fungsi mereka yang paling umum adalah untuk jaringan komputer. Banyak jenis tempat koneksi jaringan batasan jarak antara peralatan, seperti komputer pribadi, dan perangkat akses jaringan, seperti router. Pembatasan ini mungkin memerlukan beberapa wiring closet pemasangan kawat di setiap lantai gedung besar.

referensi:

wiki.id